Sunday, August 6, 2017

Mengganti Rom Distributor Xiaomi Redmi Note 3 Pro Snapdragon Ke Versi Global

Station Tekno - Mengganti Rom Distributor Xiaomi Redmi Note 3 Pro Ke Versi Global.

Xioami Redmi Note 3 Pro merupakan smartphone yang sangat laris, hal ini tak terlepas dari Prosesor Snapdragon 650 yang di bawa nya dan ram sebesar 3GB, prosesor ini sangat cocok untuk di pakai bermain Game.

Xiaomi Redmi Note 3 Pro ada yang masuk ke Indonesia secara tidak resmi, hal ini lah yang membuat Redmi Note 3 Pro memiliki rom distributor, sebenar nya kenapa harus mengganti rom distributor dengan rom global ?

Mengganti Rom Distributor Xiaomi Redmi Note 3 Pro Ke Versi Global

Karena rom distributor atau juga sering di sebut rom abal-abal ini tidak memiliki pembaruan alias mentok saja di versi saat pertama kali kita membeli nya. Bukan hanya itu saja,terkadang ada juga beberapa fungsi yang tidak berjalan, ya nama nya juga rom abal-abal.

Sebagaimana yang kita tau Xiaomi merupakan vendor yang cukup rajin untuk memberikan update terhadap lini Smartphone nya, bahkan ada juga rom versi beta atau developer yang update tan nya di rilis setiap minggu.

Yang agak berbeda dari Redmi Note 3 Pro ini adalah Smartphone ini bootloader nya terkunci, jadi anda tidak bisa sembarangan main flash saja untuk mengganti rom nya.

Untuk mengganti rom distributor Redmi Note 3 Pro ke global ini harus memakai metode flasing dengan download mode, cara ini juga menggunakan Mi Flash sebagai tool nya tetapi agak sedikit berbeda, dari pada tambah panjang dan anda tambah bingung, langsung saja ke tutorial nya.

Baca juga:
+ Cara Instal MulTi Pro MIUI 9 Di Xiaomi Redmi Note 4X Snapdragon
Update Xiaomi Redmi Note 4X Snapdragon Ke MIUI 9 Lewat TWRP

Sebelum memulai tutorial nya anda perlu melakukan disable signature enforcement, silahkan anda pilih tutorial nya sesuai versi windows yang anda gunakan.

Disable signature enforcement Windows 7 -> Link
Disable signature enforcement Windiws 8 dan 10 -> Link

Disclaimer
Semua kerusakan yang terjadi akibat mengikuti tutorial ini menjadi tanggung jawab anda masing-masing

Setelah melakukan disable signature, selanjutkan siapkan bahan-bahan yang di perlukan untuk mengganti rom distributor Redmi Note 3 Pro ke Global.

Bahan ganti rom Global Redmi Note 3 Pro

  • MI PC Suite -> Link
  • MI Flash -> Link
  • Rom Global Redmi Note 3 Pro Global -> Link
  • Rom Global Redmi Note 3 Pro Cina -> Link
  • PC / Laptop versi Windows 64bit -> Pinjam atau beli
  • Kabel USB

Setalah semua bahan nya sudah tersedia, silahkan anda lanjutkan ke intruksi atau tahap untuk mengganti rom Redmi Note 3 Pro ke Global (flashing Redmi Note 3 Pro)

Intruksi ganti rom Redmi Note 3 Pro ke Global

  • Instal Mi PC Suite
  • Instal MI Flash, setelah selesai anda instal, silahkan anda jalankan. 
  • Extract rom fastboot Redmi Note 3 Pro yang sudah anda download tadi, terserah mau extract nya dimana, saya sarankan pilih lokasi yang gampang ditemukan, jangan di dalam folder lagi. Berikut contoh gambar rom fastboot untuk ponsel Xiaomi yang sudah di extract.

Mengganti Rom Distributor Xiaomi Redmi Note 3 Pro Ke Versi Global

Jika rom fastboot yang anda download berformat (.tar) silahkan anda extract terlebih dahulu, lalu ubah format/ektansi menjadi (.zip atau .rar) dengan cara pilih “rename” lalu silahkan tambahkan .rar atau .zip di akhirannya nama nya. Selanjutnya silahkan extract sekali lagi. Dan jika berhasil maka tampilan akan seperti gambar diatas.

  • kembali lagi ke aplikasi MI Flash yang sudah anda buka tadi. masuk ke folder rom yang sudah anda extract tadi, lalu copy lokasi tempat letak nya file-file rom nya. Silahkan klik di icon folder yang di dalam kolom no.1 untuk mengcopy lokasi file rom nya.

Mengganti Rom Distributor Xiaomi Redmi Note 3 Pro Ke Versi Global

  • Jika sudah anda copy lokasi folder file rom nya, silahkan kembali ke MI Flash nya lalu paste lokasi file tadi ni kolom no.1 (lihat gambar di bawah)

Mengganti Rom Distributor Xiaomi Redmi Note 3 Pro Ke Versi Global

  • Jika sudah anda copy, matikan Redmi Note 3 Pro anda, lalu masuk ke Download Mode dengan cara (tekan dan tahan tombol power + volume up) maka akan tampak tampilan seperti di bawah, silahkan anda pilih “Download” lalu sambungkan Redmi Note 3 Pro anda ke PC.

Mengganti Rom Distributor Xiaomi Redmi Note 3 Pro Ke Versi Global

  • Selanjutnya klik no.2 “Refresh” jika sudah muncul notifikasi seperti pada kolom no.3 (lihat gambar di atas) berarti Redmi Note 3 Pro anda sudah terbaca. Lalu anda pilih salah satu pilihan yang ada di kolom no.4 berikut keterangan dari kolom no.4 (jika ingin mendapatkan hasil maksimal sebaiknya pilih flash all).

  • #flash all -> akan menghapus semua data yang ada di memory smartphone anda.
  • #flash all axcept storage -> akan mengahapus data aplikasi yang terinstal di smartphone anda, tanpa mengahapus file yanga ada di internal.
  • #flash all axcept data and storage -> tidak menghapus apapun.

Jika Smartphone tidak terdetek dalam download mode di PC, silahkan anda instal ADB driver sesuai tipe Smartphone Xiaomi anda, bisa googling dengan kata kunci ADB Driver tipe smartphone anda.

  • Selanjutnya silahkan anda klik no.5 “Flash” untuk memulai proses flashing.
  • Disini anda hanya perlu menunggu sampai proses flashing nya selesai sekitar 15-20 menit, berikut di bawah ini gambar jika sudah selesai proses flashing nya.

Mengganti Rom Distributor Xiaomi Redmi Note 3 Pro Ke Versi Global

  • Jika proses sudah selesai maka Redmi Note 3 Pro anda akan reboot otomatis.

Baca juga:
+ Resmi Di Rilis Xiaomi Mi 5X Dengan Fitur Dual Camera Dan MIUI 9
+ Xiaomi Mi 5x Indonesia - Spesifikasi Lengkap dan Harga

Demikianlah tutorial cara Mengganti Rom Distributor Xiaomi Redmi Note 3 Pro Ke Versi Global, cukup panjang memang, jika anda baca dengan teliti saya yakin anda pasti akan berhasil, namun jika tetap ada yang kurang anda mengerti silahkan anda tanyakan di kolom komentar.

Terima kasih sudah berkunjung, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Load comments