Saturday, August 5, 2017

Tutorial Downgrade OPPO F1s Dari Marshmallow Ke Lolipop

Station Tekno - Tutorial Downgrade OPPO F1s Dari Marshmallow Ke Lolipop.

OPPO F1s merupakan smartphone dari OPPO yang cukup laku di pasaran karena sector kamera nya yang begitu mumpuni untuk para penggila selfie.

Tetapi disini saya tidak akan membahas cara selfie dengan OPPO F1s, tetapi saya disini akan membagikan sesuatu yang lebih bermanfaat untuk anda semua, yaitu tentang cara downgrade OPPO F1s dari Marshmallow ke Lolipop.

Tutorial Downgrade OPPO F1s Dari Marsmallow Ke Lolipop

Beberapa saat yang lalu saya baru saja selesai men downgrade OPPO F1s milik teman saya yang sudah terlanjur di update ke Marshmallow, teman saya merasa kurang nyaman setelah meng update OPPO F1s nya ke Marshmallow, dan berikut ini keluhan teman saya setelah meng update ke F1s nya ke android Marshmallow.

  • Koneksi internet putus nyambung
  • Tombol kembali susah respon

Meskipun hanya dua poin saja, saya rasa poin tersebut tentu sangat menganggu apalagi jika sudah menyangkut sinyal, karena jika tidak ada sinyal maka semua akan terasa bermasalah, karena seperti yang kita tau jaman sekarang hampir semua nya memerlukan sinyal internet.

Dan disini saya akan membagikan pengalaman saya sekaligus tutorial buat anda yang mungkin sedang mencari hal tersebut yaitu tutorial downgrade OPPO F1s Dari Marshmallow ke Lolipop.

Disclaimer
Segala kerusakan yang terjadi akibat mengikuti tutorial ini menjadi tanggung jawab pengguna masing-masing

Baiklah untuk sebelum melanjutkan ke tahap tutorial nya silahkan anda download terlebih dahulu file-file yang saya sediakan dibawah ini.

Bahan downgrade

  • USB driver -> Link
  • Rom OPPO F1s - Lolipop (5.1) -> Link
  • DownloadTool - 1612.8 -> Link
  • PC/Laptop

Setelah semua bahan sudah anda download, silahkan anda lanjutkan ke tahap downgrade nya.

Langkah downgrade

  • Charge OPPO F1s anda hingga baterai di atas 50%
  • Backup data, karena tutorial ini akan menyebabkan data yang ada di internal memory anda akan hilang.
  • Instal USB driver sesuai versi Bit Windows anda (bisa 32 atau 64)
  • Extract Rom OPPO F1s
  • Extract DownloadTool - 1612.8  ke dalam folder yang sama dengan Rom OPPO F1s (hal ini supaya tidak perlu lagi untuk mencari file scatter nantinya)
  • Jalankan aplikasi DownloadTool - 1612.8 dengan cara klik kanan lalu pilih “run as administrator” maka otomatis akan terbaca file scatter.
  • Jika file scatter nya sudah terbaca semua, silahkan anda klik “start all” lihat kolom merah yang saya tanda, yang ada di pojok kanan bawah, tunggu hingga file terbaca semua, sekitar 5 menit.

Tutorial Downgrade OPPO F1s Dari Marsmallow Ke Lolipop

  • Setelah file terbaca semua, silahkan anda matikan OPPO F1s anda, setelah mati, hubungkan F1s ke PC sambil menekan tombol “volume up” tahan tombol tersebut hingga garis merah menjadi biru di tampilan DownloadTool.
  • Dan proses instalasi downgrade akan berjalan, tunggu proses nya paling lama sekitar 15 menit.
  • Jika sukses maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

Tutorial Downgrade OPPO F1s Dari Marsmallow Ke Lolipop

Akhirnya selesai sudah tutorial downgrade OPPO F1s Dari Marshmallow ke Lolipop, jika ada yang kurang di pahami silahkan bertanya di kolom komentar, terimakasih sudah berkunjung, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Load comments