Wednesday, March 7, 2018

Tutorial Mengatasi Bootloop Sony Xperia Z4 (SOV31) Dengan Flashing

Halo semua ! pada artikel kali ini saya akan membagikan sebuah tutorial untuk mengatasi bootloop pada Smartphone Sony Xperia Z4 (SOV31) dan tutorial ini juga bisa kamu gunakan untuk tipe Xperia lain nya dengan firmware yang berbeda.

Tutorial Mengatasi Bootloop Sony Xperia Z4 (SOV31) Dengan Flashing

Buat kalian yang belum tau apa itu bootloop saya akan jelaskan sedikit.

Apa itu bootloop ?

Bootloop merupakan sebuah keadaan dimana Smartphone akan mengalami booting secara berulang kali tanpa bisa masuk ke home screen atau ada juga yang mengatakan gagal booting.

Ciri - ciri bootloop

Pada Smartphone Sony tanda bootloop biasa nya layar Smartphone hanya menampilkan layar dengan tulisan Sony saja da nada juga yang akan terus-terusan menampilakn efek animasi booting.

Penyebab bootloop

Penyebab terjadinya bootloop bisa ber macam - macam tetapi yang paling sering mengalami nya adalah mereka yang sering atau suka dengan modifikasi sistem di android, misalnya memasang custom rom dan rooting.

Lalu bagaimana cara untuk mengatasi bootloop tersebut ?

Cara memperbaiki bootloop

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi bootloop yang di alami Smartphone kamu, misal nya menggunakan cara flashing dan wipe data melalui TWRP.

Karena tidak semua orang tau cara nya menggunakan TWRP dan sedikit susah dalam pemasangannya, maka saya akan menggunakan cara flashing (instal ulang) saja untuk cara mengatasi bootloop di Sony Xperia Z4 (SOV31).

Sebelum melanjutkan ke tutorial mengatasi bootloop Sony Xperia Z4 (SOV31) dengan flashing ada baik nya kamu baca dan pahami terlebih dahulu beberapa syarat yang ada di bawah ini.

  • Saya tidak bertanggung jawab atas apa yang akan terjadi pada Smartphone kalian akibat mengikuti tutorial ini, segala resiko menjadi tanggung jawab kamu masing-masing.
  • Tutorial ini bisa saja menghapus semua data yang ada di internal memori kalian.
  • Flashing atau instal ulang tidak akan berpengaruh pada garansi Smartphone kamu alias garansi nya tetap aman.
  • Di anjurkan untuk mengisi daya / charge Smartphone kamu hingga di atas 70%.
  • Sediakan PC / Laptop, kabel data original atau yang setara. Jika tidak punya silahkan pinjam dulu sama tetangga.
  • Di anjurkan menggunakan windows 7 ke atas.

Jika peringatan atau syarat di atas sudah kalian pahami dan lakukan. Langsung saja kalian ikuti tutorial mengatasi bootloop Sony Xperia Z4 (SOV31) di bawah ini.

Note. Tutorial ini bisa digunakan untuk semua tipe Sony Xperia baik itu Global, Docomo, AU dan Softbank. Namun jangan sampai salah dalam memilih firmware yang cocok digunakan untuk tipe Xperia kamu.

Langsung saja download bahan-bahan yang di perlukan di bawah ini.

Bahan mengatasi bootloop Sony Xperia Z4 (SOV31)

  • Flashtool -> Download Link
  • Firmware Sony Xperia Z4 (SOV31) AU Version (32.1.C.0.333) -> Download Link
  • Firmware Sony Xperia Z4 (SOV31) AU Version (32.1.C.0.401) -> Download Link
  • PC/Laptop

Langkah mengatasi bootloop Sony Xperia Z4 (SOV31)

Langkah #1. Instal Flashtool.

Langkah #2. Instal Driver Flashtool yang ada di Local Disk C / Flashtool / driver

Langkah #3. Buka Flashtool yang telah kamu instal.

Langkah #4. Buat satu folder dengan nama "Firmware" (simpan di tempat yang gampang kamu cari) lalu pindahkan file Firmware Sony Xperia Z4 (SOV31) yang sudah kamu download tadi ke dalam folder tersebut.

Langkah #5. Kembali lagi ke Flashtool klik tanda "petir" di pojok kanan Flashtool kamu lalu pilih "Flash Mode".

Langkah #6. Disini kamu akan menemukan tampilan seperti gambar di bawah ini, klik kolom "no.1" lalu cari dimana kamu meletakkan folder yang kamu buat tadi, jika sudah maka akan muncul tipe Smartphone yang akan kamu instal, silahkan kamu klik di nama Smartphone tersebut hingga muncul nomor Firmware nya, lihat kolom "no.2" jika sudah maka akan muncul menu - menu seperti kolom "no.3" jika ingin menghapus data silahkan cek lis "USERDATA" dan jangan lupa untuk men cek lis "PARTITIONS" (cari di kolom no.3) biar memory internal kamu enggak mengecil (Khusus untuk pengguna Sony Xperia Docomo / AU / Sofbank).

Tutorial Mengatasi Bootloop Sony Xperia Z4 (SOV31) Dengan Flashing

Langkah #7. Jika semua sudah sesuai dengan gambar di atas silahkan kamu klik tombol "Flash".

Langkah #8. Matikan Sony Xperia Z4 (SOV31), lalu tunggu hingga muncul tampilan seperti gambar di bawah ini silahkan hubungkan Sony Xperia Z4 (SOV31) ke dalam keadaan mati sambil menekan tombol "volume down/bawah" jika muncul lampu berwarna hijau maka kamu berhasil masuk ke Flash Mode dan proses instalasi akan berjalan. Jika ada muncul peringatan silahkan pilih "yes".

Tutorial Mengatasi Bootloop Sony Xperia Z4 (SOV31) Dengan Flashing

Langkah #9. Saat proses instalasi maka akan muncul bar berwarna "hijau" di Flashtool tunggu hingga bar tersebut penuh dan terdapat pembeitahuan "Flashing Finished".

Langkah #10. Silahkan cabut Sony Xperia Z4 (SOV31) kamu dari PC dan hidupkan.

Langkah #11. Selesai.

Itulah langkah - langkah yang perlu kamu lakukan jika ingin Mengatasi Bootloop Sony Xperia Z4 (SOV31) Dengan Flashing. Bagaimana mudah bukan ?

Apabila masih ada hal yang belum kamu pahami atau ada yang kurang dari tutorial Flashing Sony Xperia Z4 (SOV31) yang saya berikan di atas kamu bisa bertanya melalui kolom komentar di bawah.

Jika tidak ada halangan saya akan membalas nya dengan se segera mungkin.

Demikianlah Tutorial Mengatasi Bootloop Sony Xperia Z4 (SOV31) dengan instal Ulang. selamat mencoba semoga berhasil dan semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu yang sedang mencari atau membutuhkan Tutorial Mengatasi Bootloop Sony Xperia Z4 (SOV31) dengan flashing (instal Ulang).

Load comments